Selasa, 26 Januari 2010

PERUBAHAN PADA BENDA

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan perubahan benda, pemanasan, pendinginan, penyubliman, pembakaran, pencapuran dengan air, pembusukan, dan perkaratan.
1. pemanasan
air yang bergejolak karena dipanaskan disebut mendidih. Amatilah air yang sedang dipanaskan! Air dikatakan mendidih jika timbul gelembung-gelembungudara disemua bagian air. Akhirnya , uap akan keluar dari panci. Mentega yang dipanaskan juga akan mencair atau melumer. Akan tetapi, jika mentega didinginkan, mentega kembali menjadi padat seperti semula. Es berwujud padat, tetapi jika dipanaskan berubah menjadi air yang berwujud cair. Wujud air akan berubah menjadigas jika dipanaskan.
Jadi, pemanasan menyebabkan benda mengalami perubahan wujud. Wujud padat berubah menjadi cair. wujid cair berubah menjadi gas.

2. Pendinginan
Air yang didinginkan dapat berubah menjadi es. Uap air yang mengalami pendinginan dapat berubah menjadititik air kembali. Contohnya, uap minuma yang mengenai penutup gelas yang dingin akan berubah menjadi butiran air kembali.
jadi, pendinginan menyebabkan benda mengalami perubahan wujud. Wujud cair berubah menjadi padat. Wujud gas berubah menjadi cair.
air adalah benda yang dapat berada dalam tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas.

3. Penyubliman
Kapur barus yang padat dapat berubah wujud menjadi gas jika dibiarkan di udara terbuka, gas yang dihasilkan akan mengeluarkan aroma yang dapat dicium oleh hidung. Hal ini disebabkan karena adanya proses penyubliman.

4. Pembakaran
pembakaran dapat mengakibatkan benda berubah bentuk, warna, kekerasan, dan bau.
Contohnya, jika karet dibakar, maka bau, kekerasan, dan baunya berubah. Selain itu sifat karet yang lentur dapat berubah menjadi keras dan tidak lentur lagi.

5. Pencampuran dengan air
Banyak benda yang dapat bercampur dengan air. misalnya, semen, gula, garam. Contohnya jika gula dicampur dengan air kemudian diaduk. Lama-kelamaan gula di dalam air akan larut dalam air.
jadi, benda yang dicampur dengan air dapat mengalami perubahan bentuk dan sifat.

6. Pembusukan
pembusukan dapat menyebabkan benda mengalami perubahan bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau.
jika sayur, buah, makanan, daging dibiarkan di tempat terbuka dalam jangka waktu yang tidak lama. Maka semua itu akan mengalami pembusukan. semua itu akan berubah warna, bentuk, kelenturan, kekerasan, dan bau.

7. Perkaratan
Logam seperti besi dan seng, jika terkena air atau uap air, lama-kelamaan akan mengalami prosos perkaratan, warna pun akan berubah menjadi coklat atau hitam, dan yang awalnya kuat menjadi rapuh dan mudah patah.
jadi, perkaratan dapat menyebabkan benda mengalami perubahan warna dan kekerasan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar